16 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali trik bahkan yang sudah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah cara membuat artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah artikel yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 16 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tanpa menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun teknik menulis artikel SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini kudu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Biasanya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten karena tergantung dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam menyusun judul artikel sebab kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan not readable dan aneh ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Kalau Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 16 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat konten panjang hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut kurang efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 16 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kawan ke web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web sobat sebagai web yang keren karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 16 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat menjual sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu postingan.

kamu malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kamu sedang menulis tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka kalian bisa memberi kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 16 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lain kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kawan bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kamu juga bisa menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di artikel kita.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang diinginkan saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk sisi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kawan bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan pokok paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, kalian bisa menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet di search engine.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 16 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan membaca artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke robot yang bekerja indeking pada halaman tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kawan memakai gambar dari Google, pastikan mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak sama dengan image yang kawan unduh itu. Kalau perlu, kawan juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian berikan, semakin besar peluang Google mengindek tulisan sobat sebagai konten yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan artikel kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan artikel unik dan siap bersaing di pejwan. Seperti pada konten yang admin buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk membelinya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang admin buat pada artikel ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu bagus, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan memakai trik optimasi on-page tulisan anda cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel