16 Cara Membuat Konten Yang SEO Friendly
Isnin, 18 Februari 2019
Add Comment
Cara penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dari pakar Seo, di bawah ini merupakan tips membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam sebuah penulisan adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kamu dapat membuat backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena diluar kontrol kita sebagai pemilik web. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon user ketika mereka mengunjungi website kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik isi dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tidak menggunakan properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik pembuatan tulisan SEO Anda, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.
Ini kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada title postingan.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus sebenarnya kata pada pencarian agar tidak terpotong.
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat ide artikel karena jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi sulit terbaca dan kaku saat dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Kalau Anda pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul sobat kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.
Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Jika kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir Serp webnya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs sobat sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu mengenalkan sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai untuk suatu postingan.
kawan malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Contoh, sobat sedang menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lagi kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kalian bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kamu juga dapat menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting di tulisan kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dibaca tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu konten.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama artikel itu.
Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel jadi agak kaku.
Untuk mengakalinya, anda bisa memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari tulisan di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang melakukan crawling pada halaman yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kawan menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak sama dengan gambar yang anda unduh itu. Jika harus, kalian juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang kawan ulas, semakin mantap kemungkinan Google mengindek konten kamu sebagai konten yang mantap di pejwan.
Penjelasan dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini membuat konten kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan siap bertahan di pejwan. Seperti pada artikel yang admin posting ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel sobat hanya untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kamu bisa segera bersaing di SERP.
Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dari pakar Seo, di bawah ini merupakan tips membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam sebuah penulisan adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kamu dapat membuat backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena diluar kontrol kita sebagai pemilik web. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon user ketika mereka mengunjungi website kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik isi dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tidak menggunakan properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik pembuatan tulisan SEO Anda, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen
Ini kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada title postingan.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Clickable
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus sebenarnya kata pada pencarian agar tidak terpotong.
3. Gunakan Title yang Mengundang Klik
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat ide artikel karena jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi sulit terbaca dan kaku saat dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Kalau Anda pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul sobat kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Jika kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam artikel
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site yang Sesuai
Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir Serp webnya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs sobat sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu mengenalkan sesuatu).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai untuk suatu postingan.
kawan malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Contoh, sobat sedang menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lagi kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kalian bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kamu juga dapat menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting di tulisan kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dibaca tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu konten.
11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama artikel itu.
Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel jadi agak kaku.
Untuk mengakalinya, anda bisa memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari tulisan di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang melakukan crawling pada halaman yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kawan menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak sama dengan gambar yang anda unduh itu. Jika harus, kalian juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Isi Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kawan ulas, semakin mantap kemungkinan Google mengindek konten kamu sebagai konten yang mantap di pejwan.
Penjelasan dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini membuat konten kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan siap bertahan di pejwan. Seperti pada artikel yang admin posting ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel sobat hanya untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kamu bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "16 Cara Membuat Konten Yang SEO Friendly"
Catat Ulasan