16 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik
Khamis, 14 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.
Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu penulisan yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kita. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca ketika mereka surfing blog sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa menggunakan properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun tips pembuatan tulisan SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai raja.
Ini harus dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku sebenarnya kata pada pencarian agar tetap utuh.
Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun konten asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Bagi Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine seringnya membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul sobat kaku dan tidak nyaman dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.
Jika kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu bersikeras membuat konten panjang hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.
Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca anda maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut ranking blognya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat untuk web-web authority yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs sobat sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau kalian mengenalkan sesuatu).
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah artikel.
kawan malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, kalian lagi membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lagi kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kalian dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.
Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor bingung dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan gagasan paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama artikel itu.
Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika membuka situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang bekerja crawling pada artikel yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan image yang kalian unduh itu. Jika perlu, kawan juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit editan image supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.
Tambah menarik informasi yang kamu isi, semakin mantap peluang Google mengindek artikel sobat sebagai artikel yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu tulisan.
Ragam Keyword ini menjadikan artikel anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan mantap bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang saya buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai tool keren ini.
Namun untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan anda hanya untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah konten yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kamu bisa merajai page one.
Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu penulisan yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kita. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca ketika mereka surfing blog sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa menggunakan properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun tips pembuatan tulisan SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai raja.
2. Gunakan Keyword di Judul Artikel
Ini harus dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku sebenarnya kata pada pencarian agar tetap utuh.
3. Pakailah Judul yang Clickbait
Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun konten asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Bagi Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine seringnya membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul sobat kaku dan tidak nyaman dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.
Jika kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu bersikeras membuat konten panjang hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam artikel
Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca anda maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut ranking blognya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat untuk web-web authority yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs sobat sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau kalian mengenalkan sesuatu).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah artikel.
kawan malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, kalian lagi membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lagi kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kalian dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.
Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor bingung dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan gagasan paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.
11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama artikel itu.
Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika membuka situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang bekerja crawling pada artikel yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan image yang kalian unduh itu. Jika perlu, kawan juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit editan image supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.
14. Isi Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu isi, semakin mantap peluang Google mengindek artikel sobat sebagai artikel yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu tulisan.
Ragam Keyword ini menjadikan artikel anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan mantap bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang saya buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai tool keren ini.
Namun untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan anda hanya untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah konten yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kamu bisa merajai page one.
0 Response to "16 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik"
Catat Ulasan