10 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Metode penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Terkadang artikel yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, namun hanya akibat masih nongkrong di pencarian tetap digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah trik membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita masukkan sebagai poin dasar karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin kawan bisa memanipulasi backlink atau konten yang menarik namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon pengguna ketika mereka surfing situs milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tanpa memakai alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun trik menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini wajib dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten alasannya melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Tidak sulit jika Anda pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Jika judul Anda kaku dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan panjang hanya supaya memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah tulisan yang tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu ulas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap artikel malah memudahkan user sebaiknya buat saja.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena takut ranking webnya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kawan ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog anda sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kalian menjual sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai dari suatu artikel.

sobat malah harus waspada kalau persentase keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, anda lagi menulis trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka kalian bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Serupa di atas, jika anda membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kalian dapat mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting di tulisan kita.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk segi user experience, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca silau dan langsung pergi akibat konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. anda dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ruh terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama tulisan itu.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang seni.

Agar lebih mudah, kamu dapat memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau pemakai wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking di tulisan tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kalian menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang kalian download itu. Jika bisa, kawan juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit editan image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Isi Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan isi, tambah mantap kemungkinan Google mengindek konten anda sebagai konten yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu konten.

Ragam Keyword ini menjadikan artikel anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan artikel unik dan siap bertahan di pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada postingan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel konten yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan kamu cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin modern, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan anda dapat merajai page one.

0 Response to "10 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel