16 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Metode penulisan artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dari ahli Seo, di bawah ini merupakan trik menulis tulisan yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa menggenerate backlink atau konten yang menarik tapi,, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman user ketika mereka surfing situs sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tanpa menggunakan properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik pembuatan artikel SEO Sobat, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini perlu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Seringnya website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Mengundang Klik


Seperti contoh kasus di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat ide artikel karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan tampak canggung dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Bagi Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 16 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Kalau judul sobat kaku dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di search engine.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang kamu bahas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per post malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

 16 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink website per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Sesuai


Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp blognya turun kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs kawan sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 16 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika sobat menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk suatu tulisan.

kalian malah harus berhati-hati jika persentase keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Misal, sobat lagi membuat tips tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kawan dapat memberi kata kata memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 16 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Contoh lagi kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kalian bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kamu juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun untuk segi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten tersebut.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, sobat bisa memasukkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 16 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang melakukan crawling di konten itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau anda menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak sama dengan image yang sobat unduh tersebut. Jika bisa, kalian juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan sebagai postingan yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten kamu menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Membuat konten adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mampu bersaing di pejwan. Seperti pada konten yang kita buat ini, kita mengutip konten rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai alat canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan memakai cara optimasi on-page tulisan sobat cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten sobat dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel