16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, tetapi hanya akibat masih merajai di page one tetap dipakai. Banyak hal yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dibuat master Seo, di bawah ini adalah cara membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari sebuah website adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu dapat membuat backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka surfing situs sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tidak menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun tips pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda bersikeras membuat tulisan panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu kurang tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per post malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Relevan


Banyak yang khawatir soal ini. Karena khawatir Serp webnya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kalian sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau anda mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai untuk sebuah postingan.

kawan malah wajib waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kamu lagi membuat tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kawan bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Contoh lain jika kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika sobat dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. sobat juga dapat memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dilihat membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna ruh terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, kalian dapat memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat membuka situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan indeking pada halaman itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kawan menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak duplikat dengan image yang kawan download itu. Kalau bisa, anda juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit cropping image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web .

14. Pengunaan Media ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu isi, tambah mantap peluang Google mengindek konten kamu menjadikannya konten yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan kamu jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih


Membuat konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan mantap bertahan menempati page one. Seperti pada artikel yang saya buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai tool keren ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada artikel ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna mencari perhatian bot engine itu diinginkan oleh pembuat website, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel kawan hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma bot engine telah semakin pintar, ditambah si raksasa Google dengan berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan anda dapat merajai page one.

0 Response to "16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel