16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak trik mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan trik membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya tuliskan sebagai poin pertama karena admin anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat membuat backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.

Arti dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi website kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang user klik, dan sebagainya.

Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kamu, walaupun tidak menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun trik pembuatan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Biasanya website-website lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Gunakan Judul yang Clickbait


Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Jika sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap enak dibaca karena nantinya pembaca dari search engine terkadang membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.

Jika kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu kurang efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu ulas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Akibat khawatir Serp blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan ke web-web authority yang relevan dengan topik artikel, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs anda sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai dari suatu postingan.

kawan malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Misal, sobat sedang menulis trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kalian bisa menambahkan kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi jika kalian membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kamu bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting pada tulisan kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor tidak suka dan langsung pergi akibat konten yang dilihat tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kalian dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk pokok paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu konten.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang indah.

Untuk mengakalinya, sobat bisa menempatkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pengguna wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet di mesin pencari.

Penempatan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada robot yang bekerja crawling pada tulisan tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Jika sobat memakai image berasal dari Google, pastikan merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang kamu download tersebut. Kalau perlu, kamu juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit potongan image supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan kalian sebagai konten yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan anda jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih


Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan siap bertahan di pejwan. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai alat supeer ini.

Namun untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat membuat artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu wajar, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan kamu hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel