16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Metode menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih merajai di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dibuat master Seo, berikut ini adalah tips membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari sebuah situs yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau tulisan yang clickbait tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena diluar kontrol kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi blog kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, semakin lama dan betah mereka di website, maka makin berkualitas isi dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun cara pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini kudu dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Seringnya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat artikel dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya abaikan saja, pasti yang ngasih trik tidak update ilmu SEOnya.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena takut ranking blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link sobat untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog kawan sebagai situs yang keren karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (jika kamu menjual produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi nilai dari suatu postingan.

kamu malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Contoh, sobat lagi menulis tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi jika anda menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika anda bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di tulisan kita.

Namun pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ide paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu postingan.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama artikel itu.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kalian dapat memasukkan keyword kawan di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat membuka situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang melakukan crawling di tulisan tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika anda memakai image dari Google, sebaiknya merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak duplikat dengan gambar yang kawan unduh tersebut. Kalau bisa, kawan juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan berikan, tambah besar peluang Google mengindek konten kawan menjadikannya artikel yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang relevan.

Selain itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.

Ragam Keyword ini menjadikan artikel sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih


Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan konten bukan copas dan kuat bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada postingan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik visitor itu baik, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan anda cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda dapat merajai page one.

0 Response to "16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel