Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.
Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali trik bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dibuat master Seo, di bawah ini adalah tips membuat artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu penulisan adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon user ketika mereka menjelajahi website sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, itu artinya makin berkualitas konten dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tanpa menggunakan produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun teknik pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Template yang Responsive
Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen
Ini harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam title artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat artikel panjang cuma agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu tidak akan efektif.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas tema secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per artikel malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut Serp blognya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kalian untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web sobat sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau anda mengenalkan sesuatu).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah artikel.
kamu malah kudu waspada kalau seringnya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, kalian lagi membuat trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kalian bisa menambahkan kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lagi kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kawan dapat mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kita.
Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara berlebihan dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor silau dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kalian bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel itu.
Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, kamu bisa menempatkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke mesin yang bekerja crawling di konten yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kawan memakai image dari Google, pastikan merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kalian tidak sama dengan image yang kamu unduh itu. Jika perlu, anda juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat isi, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan kalian menjadikannya tulisan yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang cocok.
Selain itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan postingan anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih
Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan konten unik dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang admin posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai alat supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu wajar, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kamu hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan sobat bisa merajai page one.
0 Response to "10 Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca"
Catat Ulasan