16 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali trik bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan tips menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kami masukkan sebagai poin pertama karena admin anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 16 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena diluar kendali kita selaku pemilik web. So, tidak salah jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pembaca ketika mereka menjelajahi blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin menarik konten dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing kita, meski tanpa memakai alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun trik menulis artikel SEO Milikmu, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang unik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Fenomena yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu tulisan yang tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara mendalam.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu bahas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per post malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

 16 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Karena khawatir peringkat blognya turun jika membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs sobat sebagai web yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 16 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kamu menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu tulisan.

kawan malah wajib waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, anda sedang menulis tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 16 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Serupa di atas, kalau anda membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kawan dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. sobat juga dapat menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ruh terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu artikel.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, kalian bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 16 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling pada search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada robot yang bekerja indeking pada artikel itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat menggunakan image dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak sama dengan image yang kamu download itu. Kalau harus, kamu juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek konten kamu menjadikannya postingan yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan konten unik dan mampu bersaing di page one. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi pertahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada tulisan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page artikel kalian hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel