Metode penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak karya orang.
Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih ada di page one masih dipakai. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dari master Seo, di bawah ini adalah tips menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami masukkan dalam poin pertama karena kami pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kamu bisa menciptakan backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi blog milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Analoginya, semakin lama dan betah mereka di website, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing kamu, walaupun tidak menggunakan properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi sehebat apapun trik pembuatan tulisan SEO Anda, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam postingan
Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih saran kurang update pengalaman SEOnya.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan
Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Karena takut Serp webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu untuk web-web authority yang relevan dengan isi artikel, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat web kawan sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (jika kalian mengenalkan sesuatu).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari suatu artikel.
sobat malah kudu waspada kalau persentase keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, kawan sedang menulis trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi anda dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika sobat menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kawan bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kalian juga bisa menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di tulisan kamu.
Namun pada kenyataannya, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi user experience, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor silau dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama tulisan itu.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan kurang seni.
Agar tidak menggangu, kawan dapat menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan membaca artikel kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke mesin yang bekerja crawling di halaman yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kalian menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak sama dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau perlu, sobat juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
14. Isi Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kalian sebagai tulisan yang mantap di pejwan.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu tulisan.
Ragam Keyword ini membuat postingan anda jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan
Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan konten unik dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada konten yang admin buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan tool canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin buat pada konten ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan artikel yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu wajar, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page tulisan kalian hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin modern, ditambah si raksasa Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah konten yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kamu bisa merajai page one.
0 Response to "15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik"
Catat Ulasan