16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Metode penulisan artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan ada trik bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi karena selain kendali kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Gampangnya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik penulisan artikel SEO Anda, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kejadian yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat konten panjang cuma untuk memenuhi poin SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah artikel yang tidak hanya panjang , namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Sesuai


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir peringkat webnya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google akan melihat web kawan sebagai web yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (jika kamu mengenalkan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk sebuah artikel.

anda malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kamu sedang membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi kata kata memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lain kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kawan bisa memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting di tulisan kita.

Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor bingung dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ide paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten itu.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang seni.

Agar lebih mudah, kawan dapat menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari tulisan pada search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada bot yang bekerja crawling di tulisan tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kawan menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak duplikat dengan image yang kawan unduh tersebut. Kalau harus, anda juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit potongan image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Pengunaan Media ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu berikan, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan anda menjadikannya artikel yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang admin buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada postingan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel artikel yang SEO friendly guna menarik perhatian search engine itu baik, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page konten anda hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel