10 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas
Sabtu, 9 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.
Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, tetapi sebab masih merajai di pejwan masih dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan trik menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini saya masukkan dalam poin pertama karena kami pastikan sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kamu dapat menggenerate backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi blog sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing user, meski tidak menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara penulisan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.
Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten karena melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
Seperti contoh artikel di atas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat ide konten sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi not readable dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Tidak sulit jika sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang menarik saat dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.
Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara Anda itu kurang efisien.
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link per artikel malah membantu visitor maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat takut Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog kamu sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian mengenalkan sesuatu).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah tulisan.
kalian malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kawan sedang menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi anda dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lagi jika kamu menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kawan bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kawan juga bisa menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di artikel kamu.
Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung bingung dan langsung pergi karena artikel yang dibaca tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk pokok paling penting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten itu.
Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, kawan dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada google.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.
Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada bot yang bekerja crawling pada halaman yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika anda memakai gambar berasal dari Google, pastikan mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak duplikat dengan image yang anda unduh tersebut. Jika bisa, anda juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan sebagai artikel yang berkarakter.
Menurut dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang cocok.
Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.
Ragam Keyword ini menjadikan postingan kalian jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat konten adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel unik dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang admin posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly guna menarik visitor itu bagus, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan anda hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan dapat merajai page one.
Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, tetapi sebab masih merajai di pejwan masih dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan trik menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini saya masukkan dalam poin pertama karena kami pastikan sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kamu dapat menggenerate backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi blog sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing user, meski tidak menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara penulisan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang baik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten karena melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung
Seperti contoh artikel di atas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat ide konten sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi not readable dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Tidak sulit jika sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang menarik saat dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara Anda itu kurang efisien.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.
5. Isi Internal Linking dalam postingan
Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link per artikel malah membantu visitor maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site yang Relevan
Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat takut Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog kamu sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian mengenalkan sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah tulisan.
kalian malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kawan sedang menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi anda dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lagi jika kamu menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kawan bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kawan juga bisa menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di artikel kamu.
Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung bingung dan langsung pergi karena artikel yang dibaca tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk pokok paling penting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten itu.
Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, kawan dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada google.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada bot yang bekerja crawling pada halaman yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika anda memakai gambar berasal dari Google, pastikan mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak duplikat dengan image yang anda unduh tersebut. Jika bisa, anda juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan sebagai artikel yang berkarakter.
Menurut dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang cocok.
Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.
Ragam Keyword ini menjadikan postingan kalian jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih
Membuat konten adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel unik dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang admin posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly guna menarik visitor itu bagus, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan anda hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan dapat merajai page one.
0 Response to "10 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas"
Catat Ulasan