16 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Teknik penulisan konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga sudah expired, namun sebab masih ada di pejwan tetap digunakan. Banyak faktor yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah trik membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kami tuliskan sebagai poin dasar karena kami pastikan sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau konten yang menarik namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena selain kontrol kita selaku penulis konten. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon user saat mereka mengunjungi blog kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing kamu, meski tanpa menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun trik pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Ini perlu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 16 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu bahas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca anda maka silahkan saja.

 16 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya abaikan saja, pasti yang ngasih tips tidak update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut ranking webnya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs kalian sebagai web yang keren karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

 16 Cara Membuat Konten SEO Friendly

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kamu mengenalkan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari sebuah artikel.

anda malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, sobat sedang menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 16 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Contoh lagi jika kawan menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kalian dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kamu juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada artikel kamu.

Namun dalam prakteknya, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari user experience, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dibaca kelihatan amatir.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan pokok paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, anda bisa menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 16 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling di search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada robot yang melakukan crawling di konten itu.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau anda menggunakan image dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak sama dengan image yang kawan unduh tersebut. Jika bisa, sobat juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda berikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi artikel anda sebagai artikel yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kawan menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang canggih


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel unik dan kuat bertahan menempati pejwan. Seperti pada konten yang saya buat ini, saya melansir konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian search engine itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page artikel kalian cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah konten yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Cara Membuat Konten SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel