16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya bisa dipakai dan ada beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah trik menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah artikel adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna saat mereka menjelajahi situs milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin menarik konten dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun tips pembuatan tulisan SEO Anda, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini wajib dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Fenomena yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat konten panjang hanya agar memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu konten yang tidak cuma panjang , namun juga berisi topik secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan user maka silahkan saja.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post maka abaikan saja, pasti yang memberi saran kurang update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Newbie seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking webnya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kalian ke web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kamu sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik artikel juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kamu menjual produk/jasa).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari suatu tulisan.

kawan malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kamu lagi menulis trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lain jika kawan menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika anda dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting pada tulisan kita.

Namun pada kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat gagasan paling penting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama artikel tersebut.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel tidak artistik.

Agar lebih mudah, anda dapat menyisipkan keyword anda di meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang melakukan crawling di halaman itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak duplikat dengan gambar yang anda download tersebut. Jika bisa, kamu juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan image supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan ulas, semakin mantap kemungkinan Google mengindek konten sobat menjadikannya tulisan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang relevan.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan artikel kamu jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada konten ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kawan hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel