16 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya bisa dipakai dan ada beberapa bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dari ahli Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari sebuah website adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 16 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa membuat backlink atau tulisan yang klikable namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi blog kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tidak memakai produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara menulis artikel SEO Milikmu, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Ini wajib dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Fenomena yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak murahan.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari user experiencenya.

Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda bersikeras membuat konten panjang hanya untuk memenuhi target SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu kurang efisien.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda ulas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap konten malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

 16 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena takut peringkat webnya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kalian untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google akan menganggap web sobat sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

 16 Cara Membuat Konten SEO Friendly

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika sobat menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu artikel.

kamu malah harus berhati-hati jika persentase keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Misal, sobat sedang membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 16 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Contoh lain jika anda menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau anda bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kita.

Namun pada prakteknya, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan pokok terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu konten.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang indah.

Untuk mengakalinya, kalian bisa menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Peletakan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 16 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari artikel di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada mesin yang bekerja crawling di halaman yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kamu menggunakan image berasal dari Google, pastikan mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak duplikat dengan gambar yang kamu download tersebut. Jika harus, kawan juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan berikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel sobat sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan postingan kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang canggih


Membuat artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan siap bertahan di pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel artikel yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan kalian hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kawan bisa merajai page one.

0 Response to "16 Cara Membuat Konten SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel