15 Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Teknik penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan tips membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kita masukkan sebagai poin pertama karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
15 Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pengguna saat mereka menjelajahi situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tidak menggunakan produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun tips menulis tulisan SEO Sobat, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

15 Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras menulis artikel panjang cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah tulisan yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang anda bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

15 Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kalian ke web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs kamu sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

15 Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika anda mengenalkan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah postingan.

kawan malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

15 Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Misal, kalian lagi menulis tips tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka anda bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

15 Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Contoh lagi jika sobat menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kalian juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna pokok terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu konten.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, kamu dapat memasukkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pengguna wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet di mesin pencari.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

15 Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja crawling pada konten itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian menggunakan image dari Google, pastikan merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak sama dengan gambar yang kalian download tersebut. Kalau perlu, sobat juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan isi, semakin mantap peluang Google mendeteksi artikel kalian menjadikannya konten yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang relevan.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah di satu artikel.

Inonasi Keyword ini membuat artikel kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang canggih


Menciptakan konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan mantap bersaing di pejwan. Seperti pada artikel yang admin posting ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik visitor itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan kamu hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan bisa merajai page one.

0 Response to "15 Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel