16 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Cara menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya bisa digunakan dan seringkali trik bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan tips menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari suatu website yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena selain kendali kita sebagai pemilik web. So, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan respon pembaca saat mereka mengunjungi blog sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing kita, meski tanpa menggunakan alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik menulis artikel SEO Sobat, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Ini harus dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus alasannya tergantung dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Click bait terkadang diperlukan untuk pembuatan konten asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Bagi sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine terkadang membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 16 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Kalau judul kamu kaku dan tidak nyaman dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras menulis artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut kurang efisien.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

 16 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi tips kurang update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena takut ranking blognya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat situs kamu sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 16 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

External link ke situs yang sesuai dengan isi artikel juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kamu menjual produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu artikel.

kamu malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Misal, kalian lagi membuat trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 16 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Serupa di atas, kalau anda membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika anda dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. kamu juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di tulisan kita.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari segi user experience, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor silau dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat gagasan paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu halaman.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, kalian bisa memasukkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di mesin pencari.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 16 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling pada search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang bekerja indeking pada tulisan yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau anda memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak sama dengan gambar yang kalian unduh itu. Kalau harus, kamu juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit editan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda sajikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek tulisan anda sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kawan hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma search engine telah semakin modern, apalagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian dapat merajai page one.

0 Response to "16 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel