15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Cara menulis artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi karena masih ada di pencarian tetap digunakan. Banyak hal yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami masukkan sebagai poin paling penting karena saya pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena selain kontrol kamu selaku penulis konten. So, tidak heran kalau UX menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.

Arti dari UX di sini adalah kegiatan dan respon user saat mereka menjelajahi website milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tanpa memakai alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun trik menulis tulisan SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini perlu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Umumnya yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Seperti contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun judul konten sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan not readable dan kaku saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Mungkin Anda pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine seringnya membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Jika judul Anda kaku dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu ulas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan user sebaiknya buat saja.

 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik tidak update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Newbie biasanya takut memberikan external linking. Karena takut Serp webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link sobat untuk web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog anda sebagai web yang keren karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link ke web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian mengenalkan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari suatu artikel.

anda malah harus waspada jika persentase keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, anda lagi menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lagi kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kalian dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.

Namun dalam kenyataannya, banyak yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung bingung dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ruh terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu halaman.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, anda dapat menempatkan keyword kawan di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari artikel di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan membaca konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang melakukan crawling pada tulisan itu.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak sama dengan image yang anda download tersebut. Kalau bisa, kawan juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu berikan, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel kamu sebagai postingan yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.

Ragam Keyword ini membuat postingan sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mampu bersaing di page one. Misalnya pada konten yang kita posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page artikel kalian hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma bot engine telah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan anda dapat merajai page one.

0 Response to "15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel