16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Teknik penulisan konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah expired, namun sebab masih nongkrong di page one tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah cara membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita masukkan dalam poin pertama karena admin anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.

Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi situs milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing user, meski tidak memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini kudu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten karena tergantung dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun konten asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Bagi sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika judul Anda kaku dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.

Jika kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu bersikeras membuat tulisan panjang hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar tema yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per konten malah membantu pembaca maka silahkan saja.

 16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, pasti yang memberi trik kurang update pengalaman SEOnya.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir ranking blognya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs kamu sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama sobat merekomendasikan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas untuk suatu artikel.

kawan malah kudu waspada kalau tingginya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Misal, sobat lagi membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Serupa di atas, kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau anda dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kalian juga bisa memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun untuk user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dibaca aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan gagasan paling penting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama artikel itu.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, anda dapat menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada search engine.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang melakukan crawling pada halaman yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau anda menggunakan image dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang kamu download itu. Kalau harus, sobat juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping image agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat ulas, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten kamu sebagai postingan yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu konten.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan siap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin buat pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik perhatian bot engine itu baik, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel kawan hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma bot engine telah semakin modern, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kalian bisa merajai page one.

0 Response to "16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel