15 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Metode penulisan artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, tetapi karena masih merajai di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan tips menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 15 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin kamu dapat memanipulasi backlink atau tulisan yang clickbait tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena diluar kendali kita selaku penulis konten. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi blog kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tidak menggunakan properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun tips pembuatan tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 15 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO (diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 15 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir masalah ini. Karena takut ranking blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kamu ke web-web authority yang relevan dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat situs sobat sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

 15 Trik Membuat Konten SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan anda mengenalkan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai kualitas dari sebuah tulisan.

anda malah wajib waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, anda sedang menulis tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 15 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Serupa di atas, jika anda membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kalian dapat mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.

Namun dalam prakteknya, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk user experience, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang indah.

Agar tidak menggangu, sobat bisa menyisipkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 15 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke bot yang melakukan indeking di tulisan itu.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat memakai image berasal dari Google, pastikan merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang anda unduh tersebut. Jika harus, kawan juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan sajikan, tambah besar peluang Google mendeteksi konten anda sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu artikel.

Ragam Keyword ini membuat konten sobat menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan kuat bersaing di pejwan. Seperti pada konten yang admin posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai tool canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kalian cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin modern, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Trik Membuat Konten SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel