10 Tips Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali trik bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah cara membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari sebuah situs yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 10 Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin kamu dapat membuat backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kita. So, tidak heran jika UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing blog kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tanpa menggunakan properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun teknik menulis tulisan SEO Anda, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 10 Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Seringnya situs lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Gunakan Judul yang Clickbait


Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat title artikel karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan kaku ketika dibaca. Namun jika dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Kalau sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 10 Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Jika judul sobat kaku dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu bersikeras membuat tulisan panjang hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu kurang efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara mendalam.

Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

 10 Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena takut peringkat webnya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog anda sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 10 Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

External link ke situs yang berkaitan dengan topik artikel juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kamu mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk sebuah tulisan.

kalian malah harus waspada jika persentase keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Misal, sobat lagi membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka anda bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 10 Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Serupa di atas, kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kalian dapat mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga bisa memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting pada artikel kita.

Tapi pada prakteknya, pemilik website yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ide paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang indah.

Agar lebih mudah, kamu dapat menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 10 Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang bekerja crawling di konten itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau sobat menggunakan image berasal dari Google, pastikan mengganti title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak sama dengan gambar yang sobat download itu. Jika harus, kawan juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda isi, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan sobat menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang cocok.

Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan mampu bersaing menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kamu hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Tips Membuat Artikel Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel