Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih ada di page one masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah trik menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin tuliskan sebagai poin paling penting karena admin anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat dapat memanipulasi backlink atau judul yang klikable namun,, user experience sangat susah dimanipulasi karena diluar kendali kita selaku penulis konten. So, tidak salah jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon user saat mereka menjelajahi website sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin menarik konten dari web tersebut.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kita, walaupun tidak menggunakan alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi sekeren apapun tips pembuatan artikel SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya situs lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu tidak akan efisien.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Maksud admin adalah artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan
Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena takut Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kawan untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs sobat sebagai web yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika kamu merekomendasikan sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah tulisan.
kalian malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kamu lagi membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kamu dapat mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.
Namun dalam kenyataannya, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk segi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dibaca membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ide terpenting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu postingan.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama artikel itu.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel jadi agak kaku.
Untuk mengakalinya, sobat bisa menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak dapat membaca file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang bekerja indeking pada halaman tersebut.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kalian menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang kawan download itu. Kalau bisa, sobat juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
14. Isi Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar artikel.
Inonasi Keyword ini menjadikan artikel kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator konten yang modern
Menciptakan konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan di pejwan. Seperti pada konten yang admin posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly guna menarik visitor itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel sobat hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kamu dapat merajai page one.
0 Response to "15 Trik Membuat Konten SEO Friendly"
Catat Ulasan