10 Tips Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Banyak trik mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali trik bahkan yang sudah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah trik menulis artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin tuliskan sebagai poin pertama karena kita anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 10 Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau judul yang klikable namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab diluar kontrol kamu sebagai penulis konten. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing blog sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Gampangnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing kita, meski tidak menggunakan properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun tips menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini harus dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 10 Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Biasanya situs lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Jika kamu pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian terkadang membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 10 Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Jika judul kamu tidak jelas dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.

Kalau Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras membuat tulisan panjang cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda bahas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap artikel malah membantu user maka silahkan saja.

 10 Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut ranking blognya turun kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kawan sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

 10 Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

External link ke situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu postingan.

kalian malah kudu berhati-hati kalau seringnya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Misal, kalian sedang menulis trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat dapat memberi istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 10 Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Contoh lain kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kamu dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga dapat menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kita.

Namun pada prakteknya, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dibaca kelihatan amatir.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang seni.

Agar lebih mudah, anda dapat menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 10 Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke bot yang melakukan indeking pada halaman tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika sobat memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak sama dengan image yang kawan download itu. Kalau perlu, kawan juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat isi, semakin mantap kemungkinan Google mengindek konten kalian sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.

Ragam Keyword ini membuat postingan kawan menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan konten unik dan mantap bertahan di pejwan. Misalnya pada konten yang kita buat ini, saya melansir artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu wajar, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel kamu cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kawan bisa merajai page one.

0 Response to "10 Tips Membuat Artikel Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel