15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih merajai di pencarian tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari suatu website yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat sebab selain kontrol kamu selaku pemilik web. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka surfing website sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing sobat, walaupun tidak memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun tips penulisan artikel SEO Anda, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini wajib dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Biasanya blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten alasannya melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Mungkin kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika judul Anda tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di search engine.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika Anda bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat takut peringkat blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kalian ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs anda sebagai blogs yang keren karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan anda merekomendasikan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.

kamu malah wajib waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Contoh, kawan lagi membuat trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka anda bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi jika anda membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika kalian bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kawan juga dapat memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan gagasan terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu artikel.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama artikel itu.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, kawan dapat menyisipkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Penempatan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari artikel pada search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada bot yang bekerja crawling di konten itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kamu memakai image berasal dari Google, sebaiknya mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak sama dengan gambar yang kamu unduh tersebut. Kalau bisa, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan sajikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek konten kawan sebagai konten yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan artikel anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan artikel unik dan mantap bersaing di page one. Seperti pada konten yang kita buat ini, saya melansir konten rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai alat keren ini.

Namun untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang kita buat pada postingan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu bagus, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page tulisan kawan hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel