15 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Metode penulisan konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita masukkan sebagai poin paling penting karena kita pastikan sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 15 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa memanipulasi backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna ketika mereka menjelajahi situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang user klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing sobat, meski tidak menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun teknik pembuatan artikel SEO Milikmu, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 15 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Seringnya website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik pula rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu kurang efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar tema yang anda ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

 15 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir peringkat blognya turun kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web kalian sebagai web yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

 15 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama sobat merekomendasikan sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai dari suatu postingan.

sobat malah wajib waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Misal, kalian lagi membuat tips tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka sobat dapat menambahkan kata kata mempunyai arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

 15 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Serupa di atas, jika kamu menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kamu bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kalian juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada artikel kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun untuk sisi user experience, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung tidak suka dan langsung pergi karena artikel yang dilihat membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kalian bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat elemen-elemen terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kamu dapat menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 15 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada mesin yang bekerja crawling pada artikel yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar dari Google, pastikan merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang sobat download itu. Kalau bisa, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web .

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, tambah besar peluang Google mengindek tulisan sobat sebagai artikel yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu konten.

Ragam Keyword ini menjadikan konten anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan di pejwan. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin buat pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel sobat hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel