15 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar
Jumaat, 8 Februari 2019
Add Comment
Metode penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih merajai di pejwan tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan trik membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kita tuliskan dalam poin dasar karena kami anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab diluar kendali kita sebagai pemilik web. So, tidak heran kalau UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user saat mereka surfing website sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa menggunakan properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara pembuatan artikel SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
Ini kudu dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya situs lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus alasannya melihat dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
Seperti contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun title konten sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak kurang ciamik dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Tidak sulit jika Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik ketika dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.
Maksud saya adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap post malah membantu user maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir Serp blognya turun jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda ke web-web authority yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kawan sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (jika kawan mengenalkan sesuatu).
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah tulisan.
kawan malah wajib berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, sobat sedang membuat tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kamu bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting pada tulisan kamu.
Tapi pada prakteknya, banyak yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dilihat aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat pokok terpenting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama konten itu.
Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, kamu bisa menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pengguna wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang bekerja indeking pada konten tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kalian memakai image berasal dari Google, sebaiknya merubah nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak sama dengan gambar yang anda download tersebut. Jika harus, sobat juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang sobat isi, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel anda menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu konten.
Ragam Keyword ini membuat konten sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan konten unik dan mampu bertahan menempati page one. Misalnya pada tulisan yang admin buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada postingan ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten postingan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel kalian hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat segera bersaing di SERP.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih merajai di pejwan tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan trik membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kita tuliskan dalam poin dasar karena kami anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab diluar kendali kita sebagai pemilik web. So, tidak heran kalau UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user saat mereka surfing website sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa menggunakan properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara pembuatan artikel SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Template yang Responsive
Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
2. Gunakan Keyword di Judul Artikel
Ini kudu dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya situs lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus alasannya melihat dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik
Seperti contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun title konten sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak kurang ciamik dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Tidak sulit jika Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik ketika dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud saya adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap post malah membantu user maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site yang Sesuai
Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir Serp blognya turun jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda ke web-web authority yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kawan sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (jika kawan mengenalkan sesuatu).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah tulisan.
kawan malah wajib berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, sobat sedang membuat tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kamu bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting pada tulisan kamu.
Tapi pada prakteknya, banyak yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dilihat aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat pokok terpenting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.
11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama konten itu.
Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, kamu bisa menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pengguna wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang bekerja indeking pada konten tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kalian memakai image berasal dari Google, sebaiknya merubah nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak sama dengan gambar yang anda download tersebut. Jika harus, sobat juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat isi, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel anda menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu konten.
Ragam Keyword ini membuat konten sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih
Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan konten unik dan mampu bertahan menempati page one. Misalnya pada tulisan yang admin buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada postingan ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten postingan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel kalian hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "15 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan