15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Teknik penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi karena masih ada di pejwan tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah cara membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita masukkan dalam poin dasar karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu bisa memanipulasi backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab selain kendali kamu selaku pemilik web. So, tidak salah jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna saat mereka menjelajahi website kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing sobat, walaupun tanpa memakai produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun tips menulis artikel SEO Milikmu, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Biasanya website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku alasannya melihat dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Misalnya contoh judul di atas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat judul tulisan sebab kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan not readable dan aneh ketika dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi sobat user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine biasanya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras menulis konten panjang cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi trik tidak update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Akibat takut peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link sobat ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kalian sebagai blogs yang keren karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu artikel.

kawan malah wajib waspada jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Contoh, sobat lagi menulis tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Serupa di atas, jika kawan membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kamu bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting pada artikel kita.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor tidak suka dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk gagasan terpenting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang seni.

Agar tidak menggangu, sobat dapat menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari artikel di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan membaca tulisan yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang melakukan crawling di halaman tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar dari Google, sebaiknya mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image anda tidak sama dengan gambar yang kalian unduh itu. Jika perlu, anda juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit cropping image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Gambar ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat sajikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi konten sobat sebagai tulisan yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang cocok.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan postingan kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang modern


Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan konten unik dan mampu bertahan menempati page one. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada artikel ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly guna menarik perhatian search engine itu bagus, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page postingan kamu hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan sobat dapat merajai page one.

0 Response to "15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel