15 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Metode penulisan artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, namun karena masih nongkrong di pejwan tetap digunakan. Banyak hal yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dibuat pakar Seo, di bawah ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna saat mereka menjelajahi situs kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sehebat apapun trik pembuatan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus karena tergantung dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan ketika menyusun judul tulisan sebab kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak kurang ciamik dan kaku ketika dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Mungkin Anda pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut kurang efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu ulas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per artikel malah memudahkan visitor maka silahkan saja.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi saran tidak update ilmu SEOnya.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per page ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan


Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat takut peringkat blognya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kamu sebagai situs yang keren karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau sobat mengenalkan produk/jasa).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk sebuah artikel.

sobat malah wajib berhati-hati jika seringnya keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kawan sedang membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka anda dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lagi kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika anda bisa memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.

Tapi dalam kenyataannya, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung bingung dan langsung pergi karena konten yang dibaca membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kamu bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ruh terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu postingan.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, kamu dapat memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari artikel di search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada bot yang melakukan indeking di artikel itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau sobat memakai image dari Google, sebaiknya mengganti judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image sobat tidak sama dengan image yang anda download itu. Kalau bisa, anda juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu ulas, semakin besar peluang Google mendeteksi tulisan kalian menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Inonasi Keyword ini membuat konten kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel unik dan mampu bertahan di page one. Seperti pada konten yang kita posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik perhatian search engine itu baik, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten anda cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda bisa merajai page one.

0 Response to "15 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel