15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Metode menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya dapat dipakai dan ada beberapa bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dari master Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah penulisan adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon user saat mereka mengunjungi situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa menggunakan produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun teknik penulisan artikel SEO Anda, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Ini kudu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis konten panjang cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar tema yang anda jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Relevan


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir ranking webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu ke web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat web sobat sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan sobat mengenalkan sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu postingan.

kamu malah kudu berhati-hati kalau persentase keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, kawan lagi membuat tips tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka sobat dapat memberi kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lagi kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kawan dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. sobat juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada artikel kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari user experience, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic seringnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kamu bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat ide paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kawan bisa memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada mesin yang bekerja indeking pada halaman yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau anda menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak sama dengan gambar yang kamu download itu. Kalau bisa, kawan juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian berikan, tambah mantap peluang Google mengindek artikel kamu sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.

Variasi Keyword ini membuat postingan kamu jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern


Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan konten unik dan kuat bertahan di pejwan. Misalnya pada konten yang saya posting ini, kita mengutip konten rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan sobat cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kalian dapat merajai page one.

0 Response to "15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel