15 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Metode penulisan konten website banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dari master Seo, di bawah ini adalah tips membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari sebuah situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.

Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka menjelajahi situs kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, itu artinya makin berkualitas isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tanpa menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun cara pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 15 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Seringnya situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Mengundang Klik


Click bait terkadang diperlukan untuk pembuatan konten asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Kalau Anda user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 15 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di search engine.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.

Kalau Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras menulis tulisan panjang hanya untuk memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

 15 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Newbie seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir ranking webnya jatuh jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap web sobat sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 15 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kawan merekomendasikan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai nilai dari suatu postingan.

kalian malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kalian lagi menulis tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kawan bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 15 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi jika kamu membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika anda bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. sobat juga bisa menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting di artikel kamu.

Namun pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya hanya pada kata yang diinginkan saja.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk user experience, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung tidak suka dan langsung pergi akibat konten yang dibaca membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan pokok paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kalian dapat menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pemakai wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 15 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang melakukan indeking di halaman tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika anda menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang kamu download itu. Jika bisa, kamu juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian isi, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi konten kamu menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan artikel kawan jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten unik dan kuat bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik memakai alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada artikel ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu wajar, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page artikel anda hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel