15 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar
Sabtu, 9 Februari 2019
Add Comment
Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kita masukkan sebagai poin pertama karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kamu bisa menciptakan backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena diluar kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.
Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon pembaca saat mereka menjelajahi blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tidak memakai properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
Ini wajib dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten karena melihat dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Jika Anda user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis konten panjang hanya supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.
Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda bahas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi trik tidak update ilmu SEOnya.
Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir ranking webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kalian sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (jika anda mengenalkan produk/jasa).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya anda tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah tulisan.
anda malah wajib waspada kalau seringnya keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, sobat lagi membuat trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kalian bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lagi jika kamu membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kamu bisa mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana namun salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada tulisan kita.
Tapi pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dilihat tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat ruh terpenting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.
Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, anda bisa memasukkan keyword kawan di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang bekerja indeking pada artikel tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika sobat menggunakan gambar berasal dari Google, pastikan mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang kawan download tersebut. Jika harus, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang anda sajikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi artikel kamu sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang cocok.
Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.
Ragam Keyword ini menjadikan artikel kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan artikel unik dan mampu bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu wajar, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan sobat cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu bisa segera bersaing di SERP.
Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kita masukkan sebagai poin pertama karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kamu bisa menciptakan backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena diluar kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.
Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon pembaca saat mereka menjelajahi blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tidak memakai properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Gunakan Keyword di Judul Artikel
Ini wajib dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten karena melihat dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Clickbait
Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Jika Anda user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis konten panjang hanya supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda bahas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam postingan
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi trik tidak update ilmu SEOnya.
Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan
Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir ranking webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kalian sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (jika anda mengenalkan produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya anda tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah tulisan.
anda malah wajib waspada kalau seringnya keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, sobat lagi membuat trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kalian bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lagi jika kamu membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kamu bisa mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada tulisan kita.
Tapi pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dilihat tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat ruh terpenting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.
Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, anda bisa memasukkan keyword kawan di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang bekerja indeking pada artikel tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika sobat menggunakan gambar berasal dari Google, pastikan mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang kawan download tersebut. Jika harus, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
14. Tambahkan Media ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang anda sajikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi artikel kamu sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang cocok.
Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.
Ragam Keyword ini menjadikan artikel kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan artikel unik dan mampu bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu wajar, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan sobat cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "15 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan