15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dari master Seo, di bawah ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kita masukkan dalam poin pertama karena admin pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena diluar kendali kamu sebagai pemilik web. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka surfing website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing user, meski tanpa memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun teknik penulisan tulisan SEO Anda, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini perlu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Seringnya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat judul tulisan sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan not readable dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Jika sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.

Jika kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang anda bahas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per konten malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

 15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka jangan dengarkan, pasti yang memberi saran kurang update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir peringkat blognya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog sobat sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

External link ke situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika kawan mengenalkan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah tulisan.

kalian malah kudu waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, kalian lagi membuat trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Contoh lagi kalau anda membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kamu.

Namun pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca bingung dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. anda bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ide paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama artikel itu.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kawan dapat menempatkan keyword kamu di meta deskripsi kalau user wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada robot yang melakukan crawling di halaman tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau anda memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak duplikat dengan image yang kamu download itu. Jika harus, kawan juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat berikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kamu sebagai postingan yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar konten.

Inonasi Keyword ini membuat artikel kawan jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan konten unik dan mantap bertahan menempati page one. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu bagus, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel anda cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda dapat merajai page one.

0 Response to "15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel