15 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, tetapi karena masih merajai di pencarian masih digunakan. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dibuat master Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kami tuliskan sebagai poin pertama karena kami pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi karena selain kontrol kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.

Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi situs sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing user, meski tanpa memakai properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun trik pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai ratu.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini kudu dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten karena tergantung dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Click bait terkadang diperlukan untuk menyusun konten asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Kalau kamu user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Jika judul sobat tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis artikel panjang cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu kurang efisien.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang anda bahas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link per konten malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena khawatir ranking blognya turun jika memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kawan sebagai web yang keren karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan anda merekomendasikan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk suatu artikel.

kamu malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, anda sedang membuat trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Contoh lain kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kamu bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kita.

Tapi pada kenyataannya, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca tidak suka dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat gagasan paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, anda bisa memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk user wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang melakukan crawling di artikel itu.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Kalau perlu, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat ulas, semakin mantap peluang Google mengindek konten kawan menjadikannya artikel yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang cocok.

Selain itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan konten kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan mampu bersaing di page one. Misalnya pada tulisan yang admin buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu baik, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai trik optimasi on-page tulisan kawan hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel sobat dapat merajai page one.

0 Response to "15 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel