10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun hanya akibat masih merajai di pejwan tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah cara menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini admin tuliskan sebagai poin paling penting karena kami pastikan sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat memanipulasi backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab selain kontrol kamu selaku pemilik web. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka surfing situs kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing kamu, meski tidak memakai properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun tips menulis tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Ini harus dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang diperlukan untuk menyusun artikel asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Kalau sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian terkadang membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika judul kamu kaku dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda bersikeras menulis tulisan panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu kurang tepat.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi tema secara mendalam.

Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat maka silahkan saja.

 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi saran kurang update ilmu SEOnya.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Relevan


Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir Serp blognya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu untuk web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap web anda sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu menjual sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu artikel.

kamu malah harus berhati-hati jika seringnya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kawan sedang membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kalian dapat memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Serupa di atas, kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kawan bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. sobat juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kamu.

Namun pada kenyataannya, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi untuk segi user experience, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor silau dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk pokok paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang indah.

Agar lebih mudah, kawan dapat menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke mesin yang melakukan crawling pada artikel tersebut.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika sobat menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang sobat download itu. Kalau perlu, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit sayatan image supaya file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Pengunaan Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian isi, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel sobat menjadikannya konten yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu konten.

Ragam Keyword ini membuat tulisan kamu menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan siap bersaing menempati page one. Misalnya pada konten yang kita buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai cara optimasi on-page postingan anda hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten anda dapat merajai page one.

0 Response to "10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel