12 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar
Ahad, 17 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, namun hanya akibat masih ada di pencarian masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan tips membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam sebuah penulisan yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka menjelajahi website sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web itu.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa memakai alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :
Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel.
Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus alasannya melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
Misalnya contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat judul konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak tidka menyatu dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Kalau sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini masih enak dilihat karena nantinya pembaca dari search engine biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.
Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras menulis artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang berhasil.
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas tema secara mendalam.
Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar poin yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut Serp webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs sobat sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian merekomendasikan produk/jasa).
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk sebuah postingan.
kamu malah wajib waspada jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, anda lagi membuat trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka anda dapat memberi kata kata mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lagi kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kamu bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di tulisan kita.
Namun dalam kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk segi user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dibaca tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ruh terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan tidak artistik.
Agar lebih mudah, kamu dapat menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi kalau pengguna wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada google.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada mesin yang melakukan indeking di konten tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kalian menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak duplikat dengan image yang kawan unduh tersebut. Jika perlu, anda juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.
Semakin kaya informasi yang kawan berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kamu sebagai postingan yang mantap di pejwan.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.
Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar artikel.
Inonasi Keyword ini membuat konten kalian menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan siap bersaing di pejwan. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada artikel ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly guna mencari visitor itu wajar, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page konten kamu cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan dapat merajai page one.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, namun hanya akibat masih ada di pencarian masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan tips membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam sebuah penulisan yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka menjelajahi website sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web itu.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa memakai alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Template yang Responsive
Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel.
Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus alasannya melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung
Misalnya contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat judul konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak tidka menyatu dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Kalau sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini masih enak dilihat karena nantinya pembaca dari search engine biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras menulis artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang berhasil.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas tema secara mendalam.
Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar poin yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut Serp webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs sobat sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian merekomendasikan produk/jasa).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk sebuah postingan.
kamu malah wajib waspada jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, anda lagi membuat trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka anda dapat memberi kata kata mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lagi kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kamu bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di tulisan kita.
Namun dalam kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk segi user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dibaca tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ruh terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.
11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan tidak artistik.
Agar lebih mudah, kamu dapat menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi kalau pengguna wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada google.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada mesin yang melakukan indeking di konten tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kalian menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak duplikat dengan image yang kawan unduh tersebut. Jika perlu, anda juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.
14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kawan berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kamu sebagai postingan yang mantap di pejwan.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.
Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar artikel.
Inonasi Keyword ini membuat konten kalian menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator konten yang modern
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan siap bersaing di pejwan. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada artikel ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly guna mencari visitor itu wajar, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page konten kamu cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan dapat merajai page one.
0 Response to "12 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan