12 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan seringkali trik bahkan yang sudah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini admin masukkan sebagai poin pertama karena kami pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab diluar kendali kamu selaku pemilik web. So, tidak salah kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca saat mereka mengunjungi blog milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing kita, meski tanpa memakai alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun tips pembuatan artikel SEO Sobat, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini perlu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Tidak sulit jika kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Jika judul kamu tidak jelas dan tidak menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat konten panjang hanya agar memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara mendalam.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap artikel malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Karena khawatir peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kalian sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

External link ke web-web yang sesuai dengan topik ulasan juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian menjual sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai nilai dari sebuah artikel.

kawan malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kawan sedang membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Contoh lagi jika anda membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau anda bisa memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. sobat juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di artikel kamu.

Namun dalam kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna gagasan paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama tulisan itu.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan kurang indah.

Agar lebih mudah, anda bisa menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari tulisan di search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke mesin yang melakukan indeking pada halaman tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kalian memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang kamu unduh tersebut. Kalau harus, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit cropping image agar file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda sajikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten kalian sebagai artikel yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.

Ragam Keyword ini membuat konten anda jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan konten unik dan mampu bersaing menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu wajar, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan anda cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kalian bisa merajai page one.

0 Response to "12 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel