12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Metode penulisan konten website banyak tersedia di google. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Terkadang tulisan yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih ada di page one masih dipakai. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah tips menulis tulisan yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kita masukkan sebagai poin dasar karena kita anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin kawan bisa menggenerate backlink atau konten yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.

Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman user saat mereka surfing blog sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing kamu, walaupun tidak memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik menulis artikel SEO Kawan, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus sebenarnya kata pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung


Misalnya contoh kasus di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat judul artikel karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Jika Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.

Jika kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara Anda itu tidak akan efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara mendalam.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu ulas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link per artikel malah memudahkan user sebaiknya buat saja.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, pasti yang ngasih tips kurang update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Relevan


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena khawatir Serp blognya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kalian untuk web-web authority yang sesuai dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kalian sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah postingan.

kamu malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kawan lagi menulis trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Contoh lain jika kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau sobat bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kawan juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor silau dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. anda dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ruh terpenting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama artikel itu.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang seni.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menyisipkan keyword anda di meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking di tulisan itu.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika sobat memakai image dari Google, pastikan merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak sama dengan gambar yang anda download tersebut. Kalau harus, anda juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan isi, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan anda menjadikannya postingan yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan konten kawan jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang canggih


Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan kuat bersaing di pejwan. Seperti pada konten yang saya buat ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik memakai alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat kamu membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada tulisan ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly guna menarik visitor itu baik, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kalian cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda dapat merajai page one.

0 Response to "12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel