12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda
Khamis, 7 Februari 2019
Add Comment
Teknik menulis artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih ada di pencarian masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dari master Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami masukkan sebagai poin pertama karena kami pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna ketika mereka surfing website sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Logikanya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tidak menggunakan properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun trik menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai raja.
Ini kudu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten alasannya tergantung dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
Click bait seringkali diperlukan untuk pembuatan artikel asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul Anda kaku dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.
Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda bersikeras membuat artikel panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.
Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara mendalam.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan user maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kalian untuk web-web authority yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog anda sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kalian menjual produk/jasa).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi nilai untuk sebuah postingan.
sobat malah harus waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, kamu lagi membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi jika kalian menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kawan bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kawan juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting di artikel kamu.
Tapi dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor sakit mata dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.
Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.
Untuk mengakalinya, anda dapat memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di search engine.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang bekerja indeking di halaman tersebut.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kalian memakai image dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang kamu unduh itu. Jika harus, anda juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang kalian berikan, tambah mantap peluang Google mengindek konten kawan sebagai postingan yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.
Selain itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan postingan sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan tulisan unik dan mampu bertahan di pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai tool supeer ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika kamu membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada konten ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu wajar, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan kalian cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian dapat merajai page one.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih ada di pencarian masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dari master Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami masukkan sebagai poin pertama karena kami pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna ketika mereka surfing website sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Logikanya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tidak menggunakan properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun trik menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Template yang Responsive
Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai raja.
2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel
Ini kudu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Seo Friendly
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten alasannya tergantung dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Gunakan Title yang Clickbait
Click bait seringkali diperlukan untuk pembuatan artikel asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul Anda kaku dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda bersikeras membuat artikel panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara mendalam.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Pakai Internal Linking dalam postingan
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan user maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan
Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kalian untuk web-web authority yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog anda sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kalian menjual produk/jasa).
7. Relax dengan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi nilai untuk sebuah postingan.
sobat malah harus waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, kamu lagi membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi jika kalian menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kawan bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kawan juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting di artikel kamu.
Tapi dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor sakit mata dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.
Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.
Untuk mengakalinya, anda dapat memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di search engine.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang bekerja indeking di halaman tersebut.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kalian memakai image dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang kamu unduh itu. Jika harus, anda juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web .
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kalian berikan, tambah mantap peluang Google mengindek konten kawan sebagai postingan yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.
Selain itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan postingan sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan tulisan unik dan mampu bertahan di pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai tool supeer ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika kamu membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada konten ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu wajar, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan kalian cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian dapat merajai page one.
0 Response to "12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"
Catat Ulasan