12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Cara menulis artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dari master Seo, di bawah ini adalah trik menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin tuliskan dalam poin dasar karena saya pastikan sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi blog milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tidak menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips penulisan artikel SEO Sobat, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini perlu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Kejadian yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten karena tergantung dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Misalnya contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam menyusun title konten sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan tidak pas dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Tidak sulit jika sobat user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Kalau judul sobat kaku dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

 12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat takut ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan ke web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kalian sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

External link ke situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat menjual produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya anda tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah tulisan.

kamu malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, kamu sedang membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kawan dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Contoh lagi jika sobat menembak keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau kamu dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. sobat juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada artikel kita.

Namun dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang diinginkan saja.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, kalian bisa menempatkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang bekerja indeking di tulisan itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu memakai image dari Google, sebaiknya merubah judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kalian tidak duplikat dengan gambar yang kawan download itu. Jika harus, kalian juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat isi, tambah besar peluang Google mendeteksi konten kalian sebagai konten yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Variasi Keyword ini membuat konten sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan di page one. Seperti pada konten yang kita buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai tool canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada konten ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai trik optimasi on-page postingan kalian cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel