12 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dari ahli Seo, di bawah ini merupakan tips membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini saya tuliskan dalam poin paling penting karena kita anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 12 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena diluar kendali kamu sebagai pemilik web. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka surfing blog milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing sobat, walaupun tidak memakai alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun tips pembuatan tulisan SEO Sobat, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 12 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku karena melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menyusun konten asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi Anda user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih enak dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 12 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Kalau judul Anda kaku dan kurang menarik saat dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis artikel panjang hanya untuk memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan tepat.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per artikel malah membantu pembaca maka silahkan saja.

 12 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat situs kalian sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 12 Tips Membuat Konten SEO Friendly

External link ke situs yang sesuai dengan isi artikel juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau anda menjual produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk suatu artikel.

kamu malah kudu waspada jika seringnya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 12 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kawan lagi membuat trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 12 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Contoh lain jika anda menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau sobat bisa memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. sobat juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada artikel kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. sobat bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat pokok terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu postingan.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, kalian bisa menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 12 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang bekerja indeking di halaman yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian menggunakan image berasal dari Google, pastikan merubah nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak sama dengan image yang kamu unduh itu. Kalau perlu, anda juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Isi Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian berikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi tulisan kamu menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan konten sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan mampu bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita posting ini, kita melansir artikel rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada postingan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page artikel sobat hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin modern, ditambah si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kawan bisa merajai page one.

0 Response to "12 Tips Membuat Konten SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel