12 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Teknik menulis artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun sebab masih ada di pejwan tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dari master Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
12 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu dapat menggenerate backlink atau judul yang klikable tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi karena selain kendali kamu selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pembaca ketika mereka menjelajahi website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing user, meski tidak menggunakan alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun tips menulis artikel SEO Sobat, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini harus dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

12 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Namun kalau dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Mungkin sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

12 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Kalau judul sobat kaku dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari user experiencenya.

Jika Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

12 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih saran tidak update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking blognya jatuh jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs kamu sebagai web yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

12 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

External link ke situs yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (jika anda merekomendasikan sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah artikel.

anda malah wajib waspada kalau persentase keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

12 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Misal, anda lagi membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka kalian dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

12 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Contoh lain jika sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau sobat bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. sobat juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kita.

Namun pada prakteknya, pemilik website yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung silau dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat ide terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu postingan.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, sobat bisa memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

12 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada mesin yang bekerja indeking pada artikel yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kawan memakai image dari Google, sebaiknya mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak sama dengan image yang anda unduh itu. Jika perlu, kalian juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Media ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek konten anda menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan konten kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan siap bersaing menempati page one. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai tool keren ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi pertahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada konten ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan memakai cara optimasi on-page tulisan kawan hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin pintar, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel