10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, tetapi karena masih nongkrong di pejwan masih dipakai. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dari master Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah artikel adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab selain kontrol kita selaku penulis konten. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka menjelajahi blog kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing user, meski tidak memakai produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun tips pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Ini kudu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus karena melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Jika Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut kurang efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu konten yang tidak cuma panjang , namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Relevan


Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir Serp blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kawan sebagai web yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kamu merekomendasikan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah artikel.

sobat malah harus berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, anda lagi membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka sobat dapat menambahkan kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Serupa di atas, kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kamu dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kamu.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk segi user experience, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada robot yang bekerja crawling di artikel yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang sobat download tersebut. Kalau harus, sobat juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit potongan image supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Media ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian berikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi konten kalian menjadikannya postingan yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan artikel kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang modern


Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan konten unik dan siap bersaing di pejwan. Seperti pada artikel yang saya posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik visitor itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan memakai trik optimasi on-page konten anda cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda dapat merajai page one.

0 Response to "10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel