12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Cara penulisan artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun karena masih nongkrong di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dari master Seo, berikut ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami masukkan sebagai poin pertama karena admin anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab diluar kendali kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna saat mereka mengunjungi blog milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing user, meski tidak menggunakan produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun cara menulis artikel SEO Kawan, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Ini perlu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Misalnya contoh kasus di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam menyusun judul konten sebab jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan aneh ketika dibaca. Namun kalau dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat baik pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.

Jika kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu kurang efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link per konten malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir Serp webnya turun jika memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kalian ke web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web sobat sebagai blogs yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kawan menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai dari suatu artikel.

sobat malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, anda sedang menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lain jika kawan menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kamu bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. anda juga dapat memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada artikel kamu.

Tapi pada prakteknya, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dilihat tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan pokok paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu artikel.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, kamu bisa menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika membuka blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika googling pada search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan indeking pada tulisan yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian menggunakan gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image anda tidak duplikat dengan image yang anda download tersebut. Kalau perlu, kamu juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Isi Gambar ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda ulas, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan kawan sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.

Ragam Keyword ini membuat konten kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan di pejwan. Seperti pada artikel yang saya buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel anda cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel anda dapat merajai page one.

0 Response to "12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel