10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Metode menulis konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah penulisan adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing website kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi se-expert apapun teknik penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini perlu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Umumnya yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus intinya kata pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Misalnya contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika menyusun judul artikel karena kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan aneh ketika dibaca. Namun kalau dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Bagi Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine terkadang membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau judul Anda tidak jelas dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras menulis tulisan panjang cuma untuk memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat maka silahkan saja.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir ranking blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web kawan sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kamu mengenalkan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu tulisan.

kawan malah kudu waspada jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Misal, anda sedang membuat tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kawan bisa menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lagi jika sobat menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kawan bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kawan juga bisa memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.

Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya hanya pada kata yang di bidik saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca bingung dan langsung pergi karena artikel yang dilihat membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. sobat bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ruh terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu postingan.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama konten tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang indah.

Agar lebih mudah, kawan bisa menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pengguna wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.

Penempatan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada bot yang bekerja crawling di tulisan yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau sobat memakai image dari Google, pastikan mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang sobat download itu. Jika bisa, anda juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian isi, tambah besar peluang Google mendeteksi konten anda menjadikannya konten yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan artikel anda jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Menciptakan artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mampu bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel konten yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kalian cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma bot engine telah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel