10 Tutorial Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun hanya akibat masih ada di pencarian tetap digunakan. Banyak hal yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dari pakar Seo, berikut ini adalah trik membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari sebuah situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 10 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat membuat backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab selain kontrol kamu sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu hal penting yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca saat mereka mengunjungi situs kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin berkualitas isi dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa menggunakan alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips penulisan tulisan SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 10 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Fenomena yang sering terjadi di blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Seperti contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun ide tulisan karena kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Tidak sulit jika kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 10 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat konten panjang hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

 10 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir Serp webnya turun kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kalian untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kawan sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 10 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kamu mengenalkan sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah postingan.

anda malah wajib berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Misal, kamu sedang menulis trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kalian bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 10 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Contoh lagi kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kalian bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kawan juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di artikel kita.

Namun pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi dari segi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk ruh terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama tulisan itu.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat artikel kurang seni.

Agar lebih mudah, kalian bisa memasukkan keyword kalian di meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 10 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling pada search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada robot yang melakukan crawling di tulisan itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau sobat memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak sama dengan gambar yang anda download itu. Kalau bisa, kamu juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan sajikan, tambah besar peluang Google mengindek artikel kamu menjadikannya postingan yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan postingan kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada postingan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu wajar, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan kalian hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu dapat merajai page one.

0 Response to "10 Tutorial Membuat Tulisan Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel