10 Trik Membuat Konten Yang SEO Friendly
Ahad, 17 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.
Mudah ditemukan trik tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dari master Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kita tuliskan sebagai poin dasar karena admin anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kamu bisa menggenerate backlink atau konten yang klikable namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena diluar kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing situs sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun teknik penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
Ini harus dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.
Seperti contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika membuat judul tulisan sebab jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak kurang ciamik dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Mungkin sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang menarik ketika dibaca maka akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.
Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.
Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu ulas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link per konten malah membantu user maka silahkan saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik tidak update ilmu SEOnya.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka dibanned Google ? No.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir Serp webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat web kamu sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau anda menjual produk/jasa).
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah tulisan.
kalian malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Sebagai Contoh, anda sedang membuat tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lagi jika kalian menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kawan bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting di tulisan kamu.
Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang dituju saja.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan elemen-elemen paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, kalian dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke robot yang melakukan indeking pada tulisan tersebut.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika kamu menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Kalau harus, anda juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit editan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.
Semakin kaya informasi yang kawan berikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan anda menjadikannya tulisan yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang relevan.
Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar tulisan.
Inonasi Keyword ini membuat konten sobat jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan kuat bersaing menempati page one. Misalnya pada artikel yang admin posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kalian cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin modern, apalagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu bisa merajai page one.
Mudah ditemukan trik tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dari master Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kita tuliskan sebagai poin dasar karena admin anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kamu bisa menggenerate backlink atau konten yang klikable namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena diluar kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing situs sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun teknik penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Responsive design
Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Ini harus dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.
3. Pakailah Title yang Clickbait
Seperti contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika membuat judul tulisan sebab jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak kurang ciamik dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Mungkin sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang menarik ketika dibaca maka akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.
Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu ulas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Pakai Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link per konten malah membantu user maka silahkan saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik tidak update ilmu SEOnya.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka dibanned Google ? No.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan
Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir Serp webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat web kamu sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau anda menjual produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah tulisan.
kalian malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Sebagai Contoh, anda sedang membuat tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lagi jika kalian menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kawan bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting di tulisan kamu.
Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang dituju saja.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan elemen-elemen paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, kalian dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Gambar
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke robot yang melakukan indeking pada tulisan tersebut.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika kamu menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Kalau harus, anda juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit editan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.
14. Isi Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kawan berikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan anda menjadikannya tulisan yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang relevan.
Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar tulisan.
Inonasi Keyword ini membuat konten sobat jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih
Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan kuat bersaing menempati page one. Misalnya pada artikel yang admin posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kalian cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin modern, apalagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu bisa merajai page one.
0 Response to "10 Trik Membuat Konten Yang SEO Friendly"
Catat Ulasan