10 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Cara penulisan artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, namun karena masih merajai di pejwan tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah cara membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini admin tuliskan dalam poin paling penting karena kita anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 10 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin kamu dapat membuat backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kamu. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca saat mereka mengunjungi website milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing pembaca, walaupun tidak memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini perlu dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras membuat tulisan panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara mendalam.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap artikel malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

 10 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena takut Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web anda sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 10 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke web-web yang sesuai dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah artikel.

sobat malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, sobat sedang menulis tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 10 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lain kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau anda dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kawan juga dapat menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Tapi pada prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna pokok terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu postingan.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama tulisan itu.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, sobat dapat menempatkan keyword anda di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 10 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke bot yang bekerja indeking pada konten yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Jika anda memakai gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak sama dengan image yang kalian unduh tersebut. Kalau bisa, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian berikan, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan kamu sebagai artikel yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan kawan menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Membuat artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang saya buat pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik visitor itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel anda hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kawan dapat merajai page one.

0 Response to "10 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel