10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Seringkali tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi karena masih ada di pejwan tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan tips menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya tuliskan dalam poin paling penting karena kita pastikan sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat dapat memanipulasi backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab diluar kontrol kamu selaku penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.

Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon user saat mereka menjelajahi situs kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tanpa memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun tips penulisan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Jika judul sobat tidak jelas dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda bersikeras menulis artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Sesuai


Banyak yang khawatir soal ini. Karena takut Serp webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kalian untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat web sobat sebagai blogs yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (seumpama sobat merekomendasikan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk sebuah artikel.

sobat malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Misal, kamu lagi menulis tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Contoh lain kalau kawan menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kawan dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting di artikel kita.

Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang dituju saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun dari user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung bingung dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk elemen-elemen terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, anda dapat menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari artikel di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada mesin yang bekerja crawling di konten itu.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika sobat menggunakan image dari Google, terlebih dahulu mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan image yang anda unduh tersebut. Kalau harus, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, semakin besar peluang Google mengindek artikel kamu menjadikannya postingan yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kalian jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang canggih


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan siap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan kamu hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat dapat merajai page one.

0 Response to "10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata..."

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel