Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah cara membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kita tuliskan sebagai poin pertama karena admin anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kawan bisa membuat backlink atau judul yang klikable namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena selain kontrol kamu sebagai penulis konten. So, tidak heran jika UX menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen web mana yang user klik, dan sebagainya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.
Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tidak memakai produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun trik penulisan tulisan SEO Kawan, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Template yang Responsive
Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu tidak akan efisien.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu bahas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link per kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post maka abaikan saja, pasti yang ngasih saran kurang update pengalaman SEOnya.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site yang Relevan
Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Karena takut peringkat webnya jatuh jika membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kalian ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kamu sebagai situs yang keren karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian menjual produk/jasa).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk suatu tulisan.
kawan malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Misal, kamu lagi membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi kata kata mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika anda menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau sobat dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kamu.
Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk segi user experience, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dibaca kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan sisi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.
11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, anda dapat memasukkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat membuka situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat googling di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang melakukan crawling pada artikel tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau sobat menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya mengganti nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak duplikat dengan gambar yang sobat download itu. Kalau bisa, kawan juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kalian berikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi konten sobat menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu konten.
Variasi Keyword ini membuat postingan sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai tool keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma search engine telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah tulisan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda dapat merajai page one.
0 Response to "10 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly"
Catat Ulasan